• HOME
  • BLOG
  • Tips Sunscreen Anti Kusam & Minyakan

Tips Sunscreen Anti Kusam & Minyakan

Jan 18, 2021

Hai semuanya.. ! Siapa yang selalu bertanya tentang ini:

  1. Kok aku pakai sunscreen kusam yah?
  2. Kok setelah pakai sunscreen muka minyakan banget?
  3. Sunscreen untuk kulit berminyak apa yah?
  4. Sunscreen untuk kulit kering apa aja yah?

Disini aku mau sharing aja ke kalian tips dan rekomendasi sunscreen anti kusam dan minyakan versi aku yah. Kenapa versi aku? Karena ini semua berdasarkan pengalamanku dan yang aku yakini dan lakukan sampai saat ini. Mungkin aku perlu terus mencari tau dan belajar lagi hehehe yuk kita masuk ke tipsnya!

TIPS 1: PAKAI SUNSCREEN MINIMAL SPF 30 (DAILY) & SPF 50 CLAIM WATERPROOF (OUTDOOR)

Carilah sunscreen minimal SPF 30 untuk dipakai sehari-hari. Kalian masih bisa pakai sunscreen dengan SPF 15, 20 juga tapi akan lebih baik pakai yang minimal SPF 30 untuk perlindungan yang lebih baik di kulit yah heheh

kalau kalian akan beraktivitas di luar ruangan seperti olahraga, berenang dan berjemur, pakailah sunscreen dengan SPF 50. Akan lebih baik jika ada claim waterproof/tahan air yah hehe

TIPS 2: PILIH SUNSCREEN DENGAN TEKSTUR CAIR (OILY SKIN) DAN LOTION (DRY SKIN)

Kalau kalian punya tipe kulit yang cendrung berminyak, akan lebih baik carilah sunscreen yang bertekstur cair/watery feel. Tekstur seperti ini sangat ringan dan akan cepat meresap ke kulit.

Kalau kalian punya tipe kulit yang cendrung kering, akan lebih baik gunakan sunscreen dengan tekstur lotion. Tekstur seperti ini memang terasa tebal dan agak berat sedikit ketika di ratakan ke wajah, tapi efeknya benar-benar melembabkan dan memberikan kesan glowing ke kulit.

Sebenarnya semua jenis kulit bisa menggunakan tekstur sunscreen apapun, hanya saja hal ini akan lebih mempermudah kenyamanan kita dalam aplikasi sunscreen tsb.

TIPS 3: JANGAN PAKAI SUNSCREEN TERLALU SEDIKIT

Sunscreen fungsinya adalah melindungi kulit kita dari paparan sinar UVA UVB yang akan berdampak buruk bagi kulit. Jika kita memakai sunscreen dengan jumlah yang terlalu sedikit, maka perlindungan di kulit kita kurang maksimal.

Panduan yang tepat untuk memakai sunscreen adalah 2 jari. Oleskan sunscreen ke 2 jari (telunjuk & jari tengah) sesuai dengan panjang jari tersebut, lalu oleskan ke wajah dan leher. Jumlah sunscreen 2 jari disebut sebagai takaran yang baik dan cukup untuk wajah dan leher. Aku pernah baca di artikel, kalau kita pakai sunscreen SPF 30 tapi pakainya dalam jumlah yang sedikit, itu seperti hanya dapat perlindungan spf 10 hheehhe

TIPS 4: PAKAILAH BEDAK SETELAH PAKAI SUNSCREEN

Menurut aku pribadi, ini adalah kunci yang penting untuk menjaga wajah kita supaya tidak kusam dan minyakan ketika aktivitas sehari-hari. Ketika kita memakai sunscreen, ada yang hasil akhirnya matte (bebas kilap) atau glowing lembab lengket. Jika kita hanya memakai sunscreen dan tidak mengunci sunscreen tersebut dengan bedak, ketika kita beraktivitas sehari-hari pasti muka kita terkena debu polusi dan akan berminyak maka hal ini akan membuat wajah berminyak, kusam dan terlihat kurang segar.

Memang saat ini glowing skin menjadi trend, dimana kulit terlihat kenyal glowing dan salah satu caranya adalah menggunakan bedak super sedikit atau tidak menggunakan bedak sama sekali setelah memakai sunscreen atau base make up apapun. Mungkin hal ini baik-baik saja di kulit yang kering, tapi untuk jenis kulit berminyak sepertinya akan berminyak beberapa jam kemudian. Jika kalian tetap ingin tampilan glowing tapi minyak tetap terkontrol, akan lebih baik pakai bedak di area wajah yang berminyak saja atau pakai bedak ke satu wajah dan gunakan highlighter untuk bantu memberikan tampilan glowing di wajah.

Jika kita memakai bedak setelah sunscreen, kemungkinan muka kusam dan berminyak akan lebih sedikit karena bedak tersebut bisa mengontrol minyak di muka kita dan membuat tampilan wajah jadi lebih segar. Untuk jaga-jaga, bawalah tissue, kertas minyak dan bedak tabur di tas ketika wajah sudah berminyak. Lap minyak di wajah kita dengan tissue/ kertas minyak, setelah itu bisa gunakan bedak tabur lagi.


Ini adalah tips dari aku pribadi yang memang aku lakukan yah..Untuk lebih jelas, kalian bisa nonton video ini yah. Di video ini aku jelaskan tips ini lebih detail beserta rekomendasi sunscreenya juga. Semoga bermanfaat yah!

Est

😊
0
😢
0
💖
0
👍🏻
0
🤣
0
😮
0
🙏🏻
0
Copy to clipboardCopy Icon
Facebook IconTwitter IconLine IconWhatsApp Icon
ABOUT ME
Ester Wijaya
Ester Wijaya
Aku bukanlah seorang Beauty Expert ataupun orang yang ahli di bidang kecantikan. Aku hanyalah orang biasa yang ingin berbagi pengetahuan seputar kecantikan dari sudut pandangku dan membantu teman-teman semua dalam mengenal suatu produk karena "Sharing is Caring".
TAGS
Facial Foam
Makeup Malas
Rambut Patah
Skin
Keluarga